3.414 Personel Disiapkan untuk Amankan Idul Fitri di Aceh

Sebanyak 3.414 personel pengamanan disiapkan untuk mengamankan perayaan Idul Fitri di Aceh.  Selain itu, juga disiapkan 30 pos pengamanan, 27 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu untuk memberikan pelayanan kepada warga yang melaksanakan perjalanan mudik.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar mengatakan, diperkirakan potensi perjalanan mudik lebaran 2023 akan naik secara signifikan, karena pemerintah telah menetapkan perubahan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1444 hijriah, yang sebelumnya 4 hari menjadi 5 hari.

Prediksi peningkatan mobilitas lebaran tahun 2023 itu diambil berdasarkan hasil survey badan kebijakan transportasi, yaitu: jumlah pemudik tahun 2022 sebanyak 85,5 juta orang dan tahun 2023 diperkirakan 123.8 juta orang. Artinya terjadi peningkatan pemudik 38.3 juta orang atau naik 44,79 %.

Polda Aceh juga akan menggelar Operasi Ketupat Seulawah-2023 selama 14 hari yang tujuannya untuk menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan dan merayakan hari raya Idul Fitri 1444 hijriah, serta terwujudnya kamseltibcarlantas selama libur lebaran.

Mengingat banyaknya masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada saat libur lebaran, Ahmad Haydar meminta agar seluruh jajaran berkonsentrasi penuh untuk menempatkan personel di titik-titik lintasan yang dilalui masyarakat seperti terminal, pelabuhan, objek wisata, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Kemudian, katanya lagi, yang perlu diwaspadai adalah terjadinya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Jajaran di kewilayahan harus menyusun dan merencanakan serta memetakan titik-titik lokasi rawan bencana untuk antisipasi dan percepatan penanggulangan serta pengurangan risiko. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.