Azhari Dilantik Sebagai Kepala Kanwil Kemenag Aceh

Kementerian Agama RI resmi melantik Azhari sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kanwil)  Kemenag Aceh, Selasa (9/5/2023).

Azhari dilantik oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kemenag RI, Jakarta, sekira pukul 10:00 WIB.

Azhari resmi dilantik menjadi Kakanwil Kemenag Acehbersamaan pelantikan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) dan pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Agama. Prosesi pelantikan, pengambilan sumpah janji jabatan dan penandatanganan berita acara digelar di Ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta.

Dalam arahannya Menag Yaqut meminta kepada pejabat yang dilantik untuk senantiasa menghadirkan birokrasi yang efektif dan melayani dengan melakukan langkah-langkah untuk mempercepat proses transformasi layanan publik.

“Gunakan kesempatan jabatan ini untuk menciptakan kebaikan sebanyak-banyaknya. Tak semua orang diberikan kesempatan mengabdi melalui jalur birokrasi. Tunaikan tanggung jawab jabatan ini dengan totalitas melayani masyarakat,” pesan Menag.

Menag juga menegaskan untuk tidak membiarkan organisasi berjalan apa adanya atau bahkan hanya sekadar menghabiskan anggaran. “Itu tak boleh lagi terjadi,” sambungnya.

Menag Yaqut meminta para pejabat yang dilantik dapat melaksanakan program secara efektif. “Laksanakan dan gunakan anggaran dengan penuh tanggung jawab demi kemaslahatan yang lebih luas. Kita telah menjadikan digitalisasi layanan, tata kelola data dan pembinaan pegawai sebagai program prioritas,” ujarnya.

Diketahui, Azhari sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) di Kemenag Aceh.

Azhari masuk tiga besar hasil seleksi terbuka calon pejabat setingkat eselon II besama dua nama lainnya yakni Muntasyir dan Salman Al Farisi.

Seleksi ini dilaksanakan oleh Kemenag RI dan akhirnya ia yang terpilih menjadi orang nomor 1 di Kemenag Aceh.

Terkait pelantikan Azhari, Plh Kakanwil Kemenag Aceh Ahmad Yani membenarkan terkait pelantikan itu. “Iya benar dan sudah pelantikan barusan,” imbuhnya. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.