Cegah Hoaks, Tular Nalar MAFINDO Aceh Gelar Pelatihan untuk Lansia

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Aceh menyelenggarakan pelatihan cegah hoaks kepada orang lanjut usia (Lansia) bersama masyarakat di salah satu Gampong Wisata Aceh guna memberikan pemahaman mengenai mis/disinformasi bagi warga lansia yang ada di gampong wisata. Kegiatan dengan nama Tular Nalar Akademi Digital Lansia (ADL) berlangsung di beberapa titik dalam kawasan Gp. Nusa Kec. Lhoknga – Aceh Besar, Rabu (15/3/2023).

Total peserta sebanyak 100 orang Lansia yang tergabung dair beberapa wilayah di Aceh Besar, tidak hanya dari Gp. Nusa saja, digelar siang hingga sore hari.

Pelatihan anti hoax. Foto: MAFINDO Aceh

Dalam sambutannya, Geuchik Gp. Nusa mengatakan bahwa setiap informasi tidak boleh asal disebarkan, “Boleh tularkan informasi tapi nalar dulu informasinya benar atau tidak, baru dibagikan. Warga gampong Nusa harus bijak dalam menyaring dan memberi informasi apalagi kita merupakan gampong wisata yang sering bertemu orang ramai” kata M. Yasin, Geuchik Gp. Nusa.

Hal senada juga disampaikan oleh PIC Tular nalar Aceh Besar, Nikmatul Rijza, “Kita mengharapkan masyarakat lebih cerdas dalam memilah informasi yang didapat dan menyaring terlebih dahulu sebelum membagikan informasi agar wilayah gampong wisata semakin berkembang ke depannya”.

Acara berlangsung dengan lancar. Beberapa peserta menceritakan bahwasannya pernah menjadi korban kejahatan digital seperti phising melalui telpon genggam bahkan hingga mengalami kerugian materil.

Kegiatan Tular Nalar Akademi Digital Lansia Aceh Besar yang kedua kalinya ini diharapkan memberikan banyak manfaat bagi warga lansia khususnya warga lansia Aceh Besar yang berada di kawasan gampong wisata yang mana sering bertemu banyak orang secara silih berganti. (hot)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.