Cuaca Buruk, Jalan Sikabu Samadua Aceh Selatan Tertimbun Longsor

Akibat cuaca buruk, jalan menuju tempat wisata pemandian Sikabu yang berada di Gampong Panton Luas, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan tertimbun tanah longsor, Rabu (05/10/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Zainal  melalui Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Aceh Selatan, Agusriadi, mengatakan, longsoran tanah bercampur air tersebut terjadi hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan sejak Selasa 4 September 2022 , kemarin.

“Akibat hujan dengan instensitas sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Aceh Selatan pada Selasa siang hingga Rabu dinihari, menyebabkan terjadi longsor di badan jalan dilokasi objek wisata pemandian Sikabu,” kata Agusriadi, Rabu (05/10/2022).

Agusriadi menyebutkan, dalam peristiwa tanah longsor itu tidak ada korban jiwa, hanya saja pengguna jalan dilokasi pemandian tersebut menjadi terhambat.

“Dalam Insiden ini tidak ada korban jiwa, hanya saja mengakibatkan terhambatnya akses jalan masyarakat yang hendak ke gunung, ladang dan ketempat wisata pemandian sikabu tersebut,” pungkasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di daerah itu mewaspadai perubahan suhu ekstrem pada musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan. 

Pada musim pancaroba berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem. Di mana pola arah angin yang bervariasi dan pemanasan yang intensif mengakibatkan perubahan cuaca secara mendadak.

BMKG memprediksi musim penghujan terjadi pada dasarian ketiga atau diantara 20 hingga 30 Oktober 2022 mendatang. 

Untuk masyarakat di wilayah pegunungan, agar tetap waspada akan potensi hujan karena pada sore hingga malam hari pembentukan awan-awan maksimum penghujan terjadi. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.