Idul Adha, Moment Berbagi Untuk Yang Papa

Sejumlah warga masyarakat Ilie, Ule Kareeng sedang bergotong royong menyembelih hewan kurban di Kampung Ilie, Ule Kareng, Banda Aceh, 10 Juli 2022. Sebanyak 16 ekor sapi dan 14 ekor kambing disembelih di desa ini untuk di bagikan kepada 1350 kepala keluarga yang berdomisili di daerah tersebut.

Menurut Geuchik Ilie, Idul Adha 1443 Hijriya kali ini, jumlah hewan kurban yang mereka sembelih berkurang dibanding tahun sebelumnya sebanyak 22 ekor. Namun tidak begitu jelas apakah penguragan jumlah ini ada kaitannya dengan penyakit PMK yang lagi merebak di Aceh.

“Yang pasti kampung kita masih tetap berkurban seberti tahun-tahun sebelumnya. Semua warga kampung masih terlibat dan ini menjadi ajang silaturahmi bagi semua warga kampung”. Kata M.Nur, Geuchik Ilie didampingi Ketua Tuha Peut, Iskandar

Berdasarkan data dari Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Pemerintah Kota (Kesra Pemko) Banda Aceh ada sebanyak 1.853 ekor hewan yang akan dikurbankan di wilayah Banda Aceh pada hari raya Iduladha 1443 H.

Data tersebut merupakan rekapitulasi laporan petugas dari sembilan kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kota Banda Aceh. Rincian hewan kurban tersebut yakni dari SKPD 157 ekor sapi/lembu dan 78 ekor kambing, untuk data kurban di gampong yang dilaporkan oleh pihak kecamatan ada 1.253 ekor sapi/lembu dan 365 ekor kambing.

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Menyembelih hewan kurban. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Hewan yang dikurbankan dipastikan sehat. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Menyembelih hewan kurban. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Menyembelih hewan kurban. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Bergotong royong saat Idul Adha. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Semua warga bergotong royong. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Pemeriksaan daging kurban sebelum dibagikan ke masyarakat. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Sebanyak 16 ekor sapi disembelih di desa Ilie. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.