PORA XIV Pidie Resmi Dibuka

Setelah tarik ulur penundaan waktu yang cukup lama, akhirnya Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV di Kabupaten Pidie pun resmi dibuka pada Sabtu 10 Desember 2022 di Lapangan sepakbola Blang Paseh Kota Sigli Kabupaten setempat.  

Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki membuka dengan resmi pelaksanaan PORA XIV, yang ditandai dengan penabuhan rapai yang didampingi  oleh Wakil Ketua Koni Pusat  Mayjen (Purn) Suwarno, Ketua Umum Koni Aceh Muzakkir Manaf dan Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiwanto. 

Wakil Ketua Koni Pusat  Mayjen (Purn) Suwarno, mengatakan, pelaksanaan PORA XIV merupakan persiapan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut yang akan diselenggarakan tahun 2024.

“ Ajang PORA XI kali ini akan menjadi kesiapan bagi Aceh untuk penyelenggaraan PON XXI nanti, dan kita lihat lokasi venue sebagian sudah ada, terutama di Pidie, dan tentu saja di lokasi lain, seperti di Aceh Besar dan Banda Aceh, semoga ini menjadi kesiapan yang baik bagi Aceh untuk PON nanti,” ujar Suwarno, usai pembukaan PORA XIV Pidie, Sabtu (10/12/2022).

PORA XIV, sebut Suwarno, juga menjadi ajang seleksi atlet terbaik yang akan siap bertarung pada ajang PON XXI Aceh-Sumut.

Senada dengan itu, Penjabat Gubernur Aceh, meminta kepada seluruh kontingen PORA bisa bertanding dengan jujur dan menjunjung tinggi profesionalitas atlet.

“Saya mengucapkan selamat datang untuk seluruh kontingen yang telah berhadir di Pidie, dan saya percaya para atlet terpilih bisa mengharumkan daerahnya masing-masing,” kata Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Achmad Marzuki berharap semua kontingen dapat memberikan yang terbaik pada PORA XIV ini sehingga berjalan dengan sukses.

Selain penabuhan rebana, pebukaan PORA XIV juga ditandai dengan penyulutan tugu api PORA XIV oleh atlet tarung derajat, Muhammad Iqbal Ismail, peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2021, yang dilanjutkan defile kontingen dan penampilan seni rapai, tari kipas dan ditutup dengan tampilan 1000 atlet cilik.

Penyulutan tugu api PORA XIV oleh atlit tarung derajat, Muhammad Iqbal Ismail, peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2021

Sebanyak  4.697 atlet dari 23 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh mengikuti event Pekan Olah Raga Aceh (PORA) ke XIV tahun 2022 di Kabupaten Pidie untuk 36 cabang olahraga. Selain atlet, juga turut didampingi Pelatih dan official 1.607 orang, dokter dan tim medis 84 orang, serta ekstra official 289 orang.

36 cabor yang diperlombakan pada PORA XIV Pidie, diantaranya, anggar, atletik, arung jeram, angkat besi, balap motor, balap sepeda, basket, voli, bulu tangkis, catur, drum band, dan futsal.

33 cabang olahraga akan dipertandingkan di sejumlah venue di Pidie, sedangkan tiga cabang olahraga lainnya seperti renang, menembak dan panjat tebing, akan diselenggarakan di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Adapun jumlah atlet per kontingen dari 23 kabupaten kota yang mengikuti PORA XIV Pidie 2022 adalah: Pidie 488 atlet, Aceh Barat 130 atlet, Aceh Barat Daya 78 atlet, Aceh Besar 427 atlet, Aceh Jaya 144 atlet, Aceh Selatan 200 atlet, Aceh Singkil 150 atlet. Aceh Tamiang 114 atlet, Aceh Tengah 324 atlet, Aceh Tenggara 83 atlet. Aceh Timur 262 atlet, Aceh Utara 117 atlet, Banda Aceh 389 atlet, Bener Meriah 140 atlet, Bireuen 311 atlet, Gayo Lues 144 atlet, Langsa 293 atlet, Lhokseumawe 286 atlet, Nagan Raya 67 atlet, Pidie Jaya 101 atlet, Sabang 222 atlet, Simeulue 117 atlet, dan Subulussalam 110 atlet. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.