Posyandu Gampong Jawa targetkan 200 anak Dapat Vitamin A

200 balita di Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, ditargetkan mendapat vitamin A. Pemberian vitamin juga dilakukan dari rumah ke rumah, jika orangtua tak membawa balitanya ke posyandu.

Program jemput bola ini dilakukan oleh tim Kader dan  puskesmas Lampaseh guna meningkatkan pelayanan kesehatan pada batita dan balita di kota Banda Aceh khususnya Gampong Jawa. 

“Kali ini kita menargetkan 200 anak mendapat vitamin A dan pemberian obat cacing untuk menaikkan timbangan berat badan anak dan mudah mudahan 90% dari target kita tercapai bulan ini.” jelas Rohmanu, petugas posyandu, Selasa (02/08/2022).

Ia juga mengatakan, sebelumnya masyakarat sudah diimbau untuk membawa anak-anaknya ke posyandu guna melakukan pemeriksaan putra putrinya dengan pemberian vitamin A dan kejar timbangan.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini, antusias warga sudah sangat baik untuk berkunjung ke posyandu memeriksa kesehatan dan tumbuh kembang anak-anaknya bahkan kesadaran imunisasi juga sudah mulai tinggi di Gampong Jawa ini”, ujar Rohmanu.

Erna Petugas pelayanan kesehatan dari Puskesmas Lampaseh Banda Aceh juga mengatakan, kegiatan posyandu kali ini, bertujuan untuk melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak di desa Gampong Jawa, pemberian Imunisasi serta pemberian Vitamin A dan obat cacing sebagai upaya untuk meningkatkan berat timbangan anak.

“Kali ini kita melakukan  pembagian vitamin A dan pemberian obat cacing. Juga melaksanakan program kejar timbang, hal ini dilakukan untuk mencegah peningkatan kasus gizi buruk dan stunting,” katanya.

Erna juga mengatakan, pemberian Vitamin A yang diberikan ada dua jenis yakni kemasan botol biru diberikan bagi anak usia 6 bulan – 1 tahun, dan kemasan botol merah di berikan untuk usia 2-5 tahun ke atas.

Vitamin A diberikan dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, pemberiannya dilakukan di posyandu atau di fasilitas kesehatan secara gratis untuk anak balita.

Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Adapun manfaat vitamin A bagi anak, bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Jika anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

kekurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.