TPS 01 Gampong Teubaluy Aceh Besar Laksanakan PSU Di Hari Terakhir.

Antusias warga untuk mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Gampong Teubaluy, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar terlihat jelas sejak pukul 08.00 pagi warga sudah memenuhi lokasi pemilihan dan mengantri sebelum berangkat ke sawah dan bekerja pada Sabtu (24/2)

PSU yang berlangsung di halaman Meunasah Al-Huda Gampong Teubaluy, itu mendapat pengawalan yang ketat dari pihak kepolisian. Selain itu, Ketua Devisi Hukum KIP Aceh Besar dan Panwaslih Aceh Besar juga ikut memantau berlangsungnya PSU di TPS 01 Gampong Teubaluy.

Ketua Devisi Hukum dan Penindakan KIP Aceh Besar, Miswar mengatakan, di Aceh Besar hanya ada satu TPS yang menggelar PSU Pemilu 2024 karena ditemukannya pelanggaran, berupa ada empat orang  yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) maupun DPT tambahan dan DPT khusus, namun mereka tetap melakukan pencoblosan pada kertas suara preside, DPD dan DPR RI.

masyarakat sedang antri melakukan pencoblosan ulang surat suara di TPS 01 Gampong Teubaluy Kecamatan Darul Kamal Aceh Besar. Foto : Fitri/Digdata.id

Temuan pelanggaran tersebut, selanjutnya ditindak lanjuti oleh pengawas pemilu  dengan mengeluarkan rekomendasi PSU. Atas rekomendasi tersebut. kami memutuskan dilakukan pemungutan suara ulang.

“ Pemungutan suara ulang dilakukan berdasarkan rekomendasi pengawas pemilihan setelah adanya temuan pelanggaran di TPS tersebut,”Kata Miswar
Terkait tindak lanjut pelanggaran, tidak ditemukan unsur pidananya. Walau tidak ada unsur pidana, pemungutan suara ulang tetap dilakukan. Pemungutan suara ulang di Kabupaten Aceh Besar hanya satu di TPS tersebut.

TPS 01 Gampong Teubaluy, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar, dengan jumlah DPT sebanyak 177 orang. Pemungutan suara ulang hanya untuk tiga jenis pemilihan nyakni pemilihan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, pemilihan calon anggota DPD RI, serta pemilihan calon anggota DPR RI.

Dari Pantauan Digdata Hingga pukul 11.00 WIB terlihat antusias warga cukup tinggi, para pemilih terus berdatangan untuk memberikan hak pilihnya kembali.

 

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.