393 Jemaah Haji Aceh Kloter Pertama Diberangkatkan ke Arab Saudi

393 jemaah haji Embarkasi Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-01 telah diberangkatkan ke Madinah, Rabu, 24 Mei 2023 pukul 07.35 WIB melalui bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ).

Keberangkatan para jamaah calon haji Aceh tersebut dilepas langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI, Faisal Ali Hasyim yang juga ikut memantau pemberangkatan jemaah di bandara SIM.

“Alhamdulillah, jemaah haji kita kloter pertama sudah berangkat ke Arab Saudi tepat waktu pagi ini. Semoga mereka juga tiba tepat waktu di Madinah,” kata Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI, Faisal Ali Hasyim yang ikut memantau pemberangkatan jemaah di bandara SIM.

393 jemaah calon haji  terdiri dari 170 laki-laki dan 223 perempuan yang merupakan gabungan dari tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya sebanyak 171 Jamaah, Aceh Besar 84 jamaah dan Banda Aceh 132 jamaah dengan 6 petugas haji. Jamaah tersebut diberangkatkan dengan pesawat Garuda Boing 777-300ER menuju di bandar udara Prince Mohammed bin Abdulaziz (MED) Madinah.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan bahwa jemaah kloter 1 diperkirakan akan tiba di Madinah jam 11.20 waktu setempat.

Setiba di bandara Madinah, kata Azhari, para jemaah langsung diberangkatkan ke pemondokan yang terletak di sekitar Mesjid Nabawi usai pemeriksaan imigrasi Arab Saudi.

Selama di Madinah, jemaah akan melaksanakan salat arbain (salat fardu sebanyak 40 kali di Masjid Nabawi Madinah, secara berjamaah berturut-turut tanpa terputus).

Azhari juga mengingat kepada jamaah untuk selalu menjaga kesehatan  selama menjalankan ibadah haji dikarenakan cuaca di Arab Saudi sangat panas.

“Jangan paksakan diri untuk ziarah, jalan-jalan atau belanja dulu. Pertimbangkan dan persiapkan kondisi fisik untuk menghadapi saat-saat penting di Mekah,” ujarnya.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.