Kuota Jamaah Haji Aceh 4.378 orang, 34 Batal Berangkat

Sebanyak 393 calon jamaah haji dan petugas haji Aceh kloter pertama yang berasal dari tiga kabupaten kota, nyakni Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie Jaya, pukul 08.00 pagi ini masuk asrama embarkasi Aceh (Selasa 23/5).

Setiba di asrama haji embarkasi Aceh, para jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan, penyerahan dokumen keberangkatan oleh petugas haji propinsi Aceh berupa paspor, kartu baitul asyi, pembagian living cost senilai Rp 3.030.000 perjamaah. Dan juga penyerahan gelang identitas kata kepala kantor Wilayah Kementrian Agama Propinsi Aceh (kanwil Kemenag Aceh) Azhar di asrama haji embarkasi Aceh.

Azhari juga mengatakan, untuk tahun 2023 kuota haji Aceh sebanyak 4.378 orang, jumlah yang berangkat hanya 4.343 orang, 1.729 Jamaah laki-laki, 2.614 jamaah perempuan 1.520 orang jamaah lansia dengan kisaran usia 65 hingga100 tahun.

“Untuk jamaah haji asal Aceh tahun ini tertua berusia 100 Tahun yaitu Muhammad Taher Abdussalam asal Gayoe Lues sedangkan yang termuda berasal dari kabupaten Bireuen berusia 18 tahun, Abizar Al Aqsha” Jelas Kepala Kanwil Kemenag Aceh.

Sedangkan untuk jamaah aceh yang menunda keberangkatannya tahun ini berjumlah 34 orang karena adaAceh yang berangkat berkurang dari jumlah kuota yang ada.

Untuk pelayanan terhadap jamaah di asrama haji akan menerapkan sistem one stop service yaitu pelayanan satu atap mulai dari pelayanan kesehatan sampai pembagian kartu kamar diberikan ditempat penerimaan. Dan jamaah dikamar langsung istirahat kecuali pemantapan manasik.

Seluruh jamaah haji asal Aceh nantinya akan ditempatkan di Hotel Alkiswah Jarwal, Jemaah haji bisa berjalan kaki kemasjidil haram selama 25 menit dengan jarak tempuh 1,9 km atau menggunakan bus shalawat yang disediakan PPIH Arab Saudi.

Dari kuota 4.378 Aceh, 34 orang yang batal berangkat tahun ini karena berbagai kendala mulai dari faktor kesehatan hingga ada anggota keluarga yang meninggal dunia sehingga tidak jadi berangkat, jadi bukan karena terkendala pelunasan biaya haji.

“yang sisa kuota ini sebenarnya sudah melunasi (Bipih) tapi tidak jadi berangkat, artinya mereka sudah melunasi dan berhak berangkat, tapi karena berbagai alasan tidak jadi berangkat”Jelas Azhari lagi.

Jamaah haji Aceh akan berangkat dalam 12 kloter, dan di kloter terakhir nantinya hanya berangkat 97 orang saja dan aka tergabung dengan jamaah haji dari Lombok.

 

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.