Baitulmal Kota Banda Aceh Salurkan 3,8 Milyar Zakat Untuk Idulfitri 1443H

Pengelola zakat, Baitulmal Kota Banda Aceh menyerahkan dana zakat fakir konsumtif kepada warga desa Ateuk Deah Tano, Banda Aceh, 26 April 2022. Penyaluran dana tersebut merupakan program dari Baitulmal Kota Banda Aceh bagi warga fakir dan miskin yang mayoritas bersumber dari pendapatan pegawai negeri serta perniagaan.

Khusus untuk kebutuhan lebaran Idulfitri tahun ini, Baitulmal menyalurkan dana zakat sebanyak Rp3,8 miliar lebih untuk 2.405 warga fakir dan 1.801 penerima kategori miskin guna memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan hingga lebaran Idulfitri 1443 H. Jumlah dana yang diterima kategori fakir adalah Rp 800 ribu, sementara penerima zakat kategori miskin menerima Rp 600 ribu.

Menurut Aisyah M Ali, Komisioner lembaga pengelola zakat Baitulmal kota Banda Aceh, dana zakat tersebut langsung diantarkan ke kantor desa setempat yang memiliki warga dalam kategori fakir dan miskin. Jika penerima dana tidak bisa mengambil ke kantor desa karena alasan kesehatan, maka tim Baitul Mal kota Banda Aceh akan langsung mengantarkan ke rumah si penerima.

“Hal ini secara khusus kita lakukan bagi anggota masyarakat yang masuk ketegori fakir uzur yang mungkin tidak kuat secara fisik karena sudah tua, maka kita akan turun langsung ke lapangan”, kata Aisyah.

Berdasarkan data Baitulmal Kota Banda Aceh, diperkirakan sekitar 4000 warga kota Banda Aceh masih dikategorikan sebagai menerima zakat dari dari Baitulmal. Jumlah ini belum termasuk dengan dana zakat untuk beasiswa maupun dana zakat bantuan usaha bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan modal dalam skala kecil.

“Jangan berfikir bahwa di Kota Banda Aceh yang megah ini tidak ada masyarakat yang dikategorikan sebagai kaum fakir dan miskin. Untuk itulah kita berharap orang-orang yang memiliki kemudahan rezeki agar menyalurkan zakatnya melalui Baitulmal, supaya zakat bisa disalurkan dengan tepat sasaran,”kata Aisyah.

Kota Banda Aceh memiliki 9 kecamatan dan 90 gampong atau desa. Pihak Baitulmal kota Banda Aceh berharap penyaluran dana zakat sudah terealisasi ke semua gampong sebelum Idulfitri 1443 H tahun ini.

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Warga kategori fakir menerima Rp 800 ribu yang diserahkan langsung oleh Aisyah M Ali, Komisioner lembaga pengelola zakat Baitulmal kota Banda Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Penyaluran Zakat oleh Baitulmal Kota Banda Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Warga kategori miskin sedang menerima zakat yang disalurkan oleh Baitulmal Kota Banda Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Warga kategori fakir sedang menerima zakat yang disalurkan oleh Baitulmal Kota Banda Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.