Dokter di Taiwan Angkat 300 Batu Ginjal dari Anak Muda yang Tak Suka Minum Air Putih

Seorang perempuan muda berusia 20 tahun di Taiwan bernama Xiao Yu baru-baru ini menjalani operasi untuk mengangkat lebih dari 300 batu ginjal ditubuhnya.

Dokter sebelumnya mendapati Xiao Yu mengalami pembengkakan ginjal dengan batu melalui pemeriksaan USG. Mereka kemudian mengoperasi pemudi itu untuk menghilangkan batu ginjal yang dimiliki.

Seperti diberitakan Independent pada Jumat (15/12/2023), Pusat Medis Chi Mei di Kota Tainan, Taiwan telah menunjukkan ukuran batu ginjal yang ditemukan di dalam tubuh Xiao Yu. Ukuran batu bervariasi, antara 5 mm dan 2 cm. Tim medis juga mendapati hasil tes darah pemudi itu menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Pasien tak suka minum air putih

Ahli urologi dari Pusat Medis Chi Mei, dr. Lim Chye-yang, mengatakan batu ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti kecenderungan genetik, penyakit kronis, serta karena pola makan kaya kalsium dan protein.

Selain itu, kasus batu ginjal lebih sering terjadi pada musim semi dan musim panas akibat dehidrasi. Karena asupan cairan kurang, maka urine menjadi lebih pekat yang menyebabkan mineral menyatu dan mengkristal menjadi batu.

Dokter Lim yang melakukan operasi tersebut, mengatakan 9,6 persen orang di Taiwan mungkin menderita batu ginjal seumur hidup mereka. Pada kasus Xiao Yu, Dokter Lim menyebut, pasiennya itu tidak suka minum air putih dan lebih sering memilih teh boba.

Berdasarkan data yang ada, laki-laki dilaporkan tiga kali lebih mungkin terkena batu ginjal dibandingkan perempuan.

Lim juga mengatakan, batu ginjal biasanya ditemukan pada orang berusia antara 50 dan 60 tahun. Saat ini, kondisi pasien Xiao Yu dilaporkan stabil setelah operasi dan juga telah pulang dari rumah sakit. (Yan)

Sumber: Kompas.com

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.