Harga Emas Dunia Turun Mendekati Level Terendah

Inflasi global yang semakin meningkat mengancam harga emas dunia berada pada titik rendah, bahkan mampu menekan harga emas turun di bawah USD 1.800 per ons. 

Dilansir dari laman Kitco News, Senin (27/2/2023), kejutan besar minggu lalu datang dari risalah pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) yang hawkish, yang mengungkapkan bahwa beberapa anggota FOMC condong ke arah kenaikan 50 basis poin daripada kenaikan 25 bps yang lebih dovish yang diadopsi pada pertemuan Februari.

Selain itu, data inflasi PCE yang dijadikan acuan The Fed tahunan dipercepat pada bulan Januari, mencapai 4,7 persen dibandingkan dengan yang diharapkan 4,3 persen.

“Ada reset besar dalam seberapa tinggi suku bunga akan pergi. Orang-orang sekarang berpikir lebih dari 6 persen. Itu cukup signifikan sehingga mematahkan punggung emas,” kata analis pasar senior OANDA Edward Moya.

Menurut dia, jika ada momentum lebih lanjut menuju USD 1.800 per ons, itu bisa hal yang jelek untuk emas, dan harga bisa turun lagi USD 50.

Adapun tercatat emas berjangka Comex bulan April diperdagangkan pada USD 1.816,60 per ons, turun selama lima minggu berturut-turut.

“Ini adalah poin penting di sini. Jika kita mendapatkan penutupan mingguan di bawah USD 1.807- USD1.805, ini berisiko mengalami penurunan besar. Dan bisa dikisaran USD 1.750-an,” kata ahli strategi teknis senior Forex.com Michael Boutros.

Menurut Boutros, hal ini adalah prospek makro yang membebani emas. Pada bulan Januari, logam mulia menguat karena gagasan bahwa Fed dapat memangkas suku bunga pada akhir tahun 2023.

Sekarang, kenyataannya mulai terlihat, jelas Boutros. “Dan angka inflasi yang kami dapatkan hari ini menunjukkan, dan penyesuaian terhadap suku bunga yang lebih tinggi memukul pasar,” katanya.

Disisi lain pakar logam mulia Gainesville Coins, Everett Millman, mengatakan volatilitas di pasar emas masih jauh dari selesai, karena harga bisa turun secepat mereka pulih.

Untuk Hari ini, Senin (27/2) harga emas antam di Banda Aceh permayamnya 2.850.000 belum termasuk ongkos buat. Harga tersebut turun sebesar Rp 30.000 dibandingkan hharga pada pekan sebelumnya.

Sedangkan harga emas logam mulia mulai Rp 819.000 per gram, untuk harga jual berkisar Rp 883.000 per gram. Untuk harga emas lokal (cukim) seharga Rp 879.500 per gram. Harga jual kembali Rp 872.000 per gram.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.