Harga Gula Pasir di Pasar Ulee Kareng Lebih Mahal

Harga gula pasir lokal sejak awal Februari 2024 cenderung meningkat di Aceh dan termahal di Sumatera. Harga jualan di setiap pasar pun berbeda-beda, terutama di Banda Aceh antara Pasar Peunayong dan Ulee Kareng terjadi perbedaan harga hingga mencapai Rp 500 rupiah.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), rata-rata harga gula pasir lokal di Indonesia mencapai Rp 18.000 per 6 Februari 2024, naik satu persen dibandingkan sehari sebelumnya dengan harga Rp 17.850 – harga tersebut sempat bertahan sejak memasuki awal Februari.

Begitu juga dengan harga gula pasir lokal di Aceh sempat bertahan pada angka Rp 18.150 per kilogram sejak 1 Februari 2024, baru sedikit meningkat pada 6 Februari menjadi Rp 18.200, naik 0,28 persen per kilogramnya.

Secara umum harga gula pasir lokal di Banda Aceh dibandrol kisaran Rp 18.750. Namun bila berbelanja di Pasar Peunayong, harga bisa diperoleh lebih murah, yaitu Rp 18.500 per kilogramnya.

Namun sedikit ada perbedaan harga bila berbelanja di Pasar Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Harga jualnya tembus Rp 19.000 per kilogram, lebih mahal dibandingkan rata-rata harga di Banda Aceh dan Pasar Peunayong.

Sedangkan harga gula pasir lokal di Kota Lhokseumawe rata-rata Rp 17.500 per kilogramnya. Berbeda dengan harga di Kota Banda Aceh, harga jual di pasar cenderung sama. Seperti di Pasar Inpres maupun Pasar Kota Lhokseumawe, sama-sama tidak mengalami peningkatan harganya.

Sementara di Kota Meulaboh rata-rata harga gula pasir lokal Rp 18.400 per kilogramnya. Harga jual di pasar mengalami perbedaan, ada peningkatan harganya. Untuk Pasar Lapang harga dibandrol Rp 18.500, naik Rp 100 per kilogram-nya dibandingkan rata-rata di Meulaboh.

Namun ada terjadi perbedaan harga jual di Pasar Ujong Baro, Meulaboh, justru menurun dibandingkan rata-rata Meulaboh maupun Pasar Lapang. Harga di sini dibandrol Rp 18.250 per kilogramnya.

Dari semua provinsi di Sumatera, Aceh termasuk termahal harga gula pasir lokal pada 5 Februari 2024. Lalu disusul Sumatera Utara, Bengkulu posisi ketiga. Sedangkan provinsi termurah berada di Kepalauan Riau.[acl]

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.