Jemaah Haji Aceh di Mekah Terima Dana Wakaf Baitul Asyi

Jemaah haji asal Aceh yang sudah sudah berada di Mekah, Arab Saudi mulai menerima dana wakaf Baitul Asyi. Masing-masing jemaah mendapatkan uang sebesar 1.500 riyal atau sekitar 5,9 juta rupiah.

Pembagian uang tersebut diawali dengan penyerahan dana Baitul Asyi kepada 393 jemaah haji kloter 01-BTJ di kantor wakaf Baitul Asyi di Aziziyah, Mekah.

Petugas Haji Daerah kloter 01-BTJ, Umar Rafsanjani mengatakan, uang kompensasi wakaf Baitul Asyi untuk jemaah haji Aceh tahun 2023 sebanyak SAR 1.500, yang diserahkan Syekh Abullatif Baltou selaku nazir wakaf.

“Besaran dana yang diterima masing-masing 1.500 riyal atau sekitar 5.9 juta rupiah,” kata Umar.

Sementara itu, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan hari ini akan dibagikan uang wakaf Baitul Asyi kepada jemaah kloter 02-BTJ.

“Jemaah haji Aceh 01-BTJ telah menerima dana wakaf Baitul Asyi kemarin sore di Kantor Wakaf di Aziziyah. Hari ini akan dibagikan untuk kloter dua, sekitar jam 2 Waktu Arab Saudi,” kata Azhari,  Selasa, 06/06/2023 di Banda Aceh.

Menurut Azhari, uang wakaf Baitul Asyi dibagikan kepada semua jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Aceh. Untuk bisa menerima dana tersebut, masing-masing jemaah harus memperlihatkan kartu Baitul Asyi yang dibagikan di asrama haji sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Azhari juga mengatakan, jumlah dana Baitul Asyi untuk jemaah Haji Aceh tahun ini sama dengan musim haji sebelumnya, tahun 2022, 1.500 riyal.

“Alhamdulillah, pembagian uang wakaf Habib Bugak Asyi tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu 1.500 riyal per jemaah. Sementara tahun 2019 lalu masing-masing jemaah haji Aceh menerima 1.200 riyal,” ujar Azhari.

Pemberian dana wakaf bagi jemaah haji Aceh ini sudah dilakukan sejak 16 tahun lalu. Azhari berharap, dana ini dapat dimanfaatkan para jemaah dengan sebaik-baiknya. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.