Nelayan Temukan Jenazah di Perairan Diduga Pengungsi Rohingya

Nelayan di perairan Calang, Kabupaten Aceh Jaya menemukan tiga sosok jenazah dilautan. Penemuan jenazah tersebut kemudian langsung dilaporkan kepada tim SAR.

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Haris Al Hussain, mengatakan pihaknya langsung menurunkan Tim Rescuer Pos SAR Meulaboh bersama Potensi SAR untuk melaksanakan operasi pencarian terhadap korban yang terapung di perairan Barat Calang.

“Setelah melakukan pencarian, tim menemukan tiga jenazah, masing-masing dua perempan dewasa dan satu anak laki-laki, diduga mereka adalah pengungsi rohingya yang sebelumnya adalah korban kapal terbalik dan tenggelam, jenazah langsung dibawa ke RS Teuku Umar di Calang, Aceh Jaya,” jelas Al Hussain, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/3/2024).

Semenara itu, Komandan Operasi Satgas SAR Aceh Jaya, Mirza, mengatakan ketiga enazah sudah dimakamkan di halaman belakang kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Jaya, setelah berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dan UNHCR serta Pihak Imigrasi.

“untuk siang ini kami juga menerima laporan dari nelayan di kawasan Lhok Kruet, dan tuenom, bahwa mereka juga menemukan jenazah yang terapung, dan tim sedang menuju ke masing-masing lokasi untuk melakukan evakuasi,” jelas Mirza melalui sambungan telepon, Minggu siang (24/3/2024).

Mirza mengatakan proses pencarian dilakukan hingga maghrib dan akan dihentikan mulai senin besok. Namun evakuasi akan dilakukan jika ada penemuan jenazah lainnya. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.