Tiga Hari Melakukan Operasi Pencarian, Tim SAR Temukan Sepuluh Jenazah diduga Pengungsi Rohingya di Perairan Aceh Jaya

Tim SAR gabungan dibawah koordinasi Basarnas Banda Aceh berhasil melakukan evakuasi sepuluh jenazah diduga pengungsi Rohingya yang tenggelam karena kapalnya terbalik di perairan Aceh Jaya, dalam operasi pencarian selama tiga hari periode 23-25 Maret 2024.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain menyampaikan penemuan mayat tersebut ditemukan setelah mendapat laporan dari nelayan yang melihat jenazah mengapung disejumlah titik di perairan Aceh Jaya dan kemudian meminta bantuan tim SAR.

Penemuan teranyar, sebutnya Tim Rescue Kansar Aceh menuju lokasi kejadian dengan menggunakan 1 Unit RIB Kansar Aceh. Sekitar pukul 14.25 WIB, tim gabungan menemukan enam jenazah di perairan dekat Perairan Ujung Muloh TPI Leumbesoh, Aceh Jaya.

Tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi jenazah dan diserahkan kepada petugas di darat, dengan ambulance kemudian dibawa ke RSUD Teuku Umar Calang, Aceh Jaya.

Keenam korban yang ditemukan tanpa identitas, semuanya berjenis kelamin perempuan dengan perkiraan umur 25 tahun sampai 40 tahun.

Tim SAR gabungan telah tiga hari melaksanakan operasi menyusul temuan mayat di perairan pertama kali pada Sabtu lalu. Tim standby di Pelabuhan Meulaboh Aceh Barat, Pelabuhan Calang Aceh Jaya, dan Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh.

“Guna mengantisipasi laporan masyarakat terkait adanya penemuan jenazah di perairan Barat Provinsi Aceh,” kata Al Hussain.

Sampai saat ini, total 10 jenazah telah dievakuasi oleh Tim SAR di perairan Calang. Para korban diduga sebagai pengungsi Rohingya yang kapalnya terbalik di perairan Aceh pada Rabu (20/3/2024).

Sebelmnya diberiakan, ada Kamis (21/3/2024) sekitar 75 orang berhasil dibawa ke daratan dengan selamat.

Badan PBB yang mengurus Pengungsi UNHCR dan IOM sangat prihatin dengan insiden terbaliknya kapal pengungsi rohingya tersebut, dan besarnya potensi korban jiwa.

UNHCR dan IOM dalam keterangan resmi kepada media mengatakan kapal tersebut sebenarnya mengangkut 151 orang. Pengungsi rohingya yang selamat kini masih berada di lokasi penampungan sementara di Meuloboh, Aceh Barat. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.