Pelajar Aceh Raih 11 Medali pada Ajang OSN 2022

Kepala Bidang SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Hamdani, S.Pd., M.Pd., mengatakan Aceh meraih prestasi yang memuaskan pada Olimpiade Sains Nasional. Pelajar Aceh membawa pulang dua medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu.

“Saya berterima kasih banyak kepada para pelajar Aceh dan para guru pembimbing. Ini adalah pencapaian yang baik dan perlu kita syukuri bersama,” kata Hamdani, Ahad, 9 Oktober 2022.

Hamdani mengatakan 7 medali diraih oleh pelajar tingkat SMA/MA. Sisanya disabet oleh pelajar pada tingkat SD dan SMP. Pencapaian ini mendudukkan Provinsi Aceh dalam 12 dari 37 provinsi.

Seleksi OSN ini dilaksanakan sepanjang 3 hingga 6 Oktober 2022. Pemenang diumumkan sehari kemudian secara daring. Pelajar yang mewakili Aceh pada ajang ini merupakan hasil seleksi pada tingkat kabupaten dan kota.

Di tingkat provinsi, kata Hamdani, panitia menyeleksi sekitar 800 pelajar. Pelajar yang dinilai mumpuni untuk berlaga pada tingkat nasional lantas dibina oleh Bidang Pembinaan SMA dan PKLK selama tujuh hari di Hotel Oasis, di Banda Aceh, mulai 25 September hingga 1 Oktober 2022.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM, berharap seluruh anak didik yang mengikuti ajang ini tidak terbebani target. Alhduri meminta para pelajar memandang ajang ini sebagai tempat untuk menguji dan menempa diri menjadi pribadi yang lebih baik.

“Saya percaya dengan kemampuan mereka. Saya berharap mereka juga percaya diri dengan kemampuan mereka,” kata Alhudri. Pada olimpiade ini, peserta berlomba menjadi yang terbaik dalam bidang matematika, fisika, kimia, biologi, informatika/komputer, kebumian, astronomi, ekonomi dan geografi.

Berikut nama-nama peraih medali dari tingkat SMA/MA

Emas

  1. Farhannur – Ekonomi – MAN 1 Banda Aceh

Perak

  1. Pieter C – Biologi – SMA N 3 Banda Aceh
  2. Fauzil A – Biologi – SMA N Modal Bangsa Aceh
  3. Rahmatillah N – Kimia – SMA N Modal Bangsa Aceh
  4. M. Arif KL – Fisika – SMA Fatih Bilingual School BNA

Perunggu

  1. Nabillah Zahra – Kimia – SMA TNA Fatih Bilingual School
  2. M. Ar Rayyan – Geografi – SMA N 10 Fajar Harapan Banda Aceh. [adv]

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.