Pemantauan Hilal Di Aceh

Petugas observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kementerian Agama Aceh mempersiapkan teleskop untuk memantau posisi hilal di pesisir pantai Lhoknga di Aceh Besar, Aceh, Indonesia, 22 Maret 2023. Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Petugas observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kementerian Agama Aceh mempersiapkan alat untuk memantau hilal. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadan 1444 H yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Rabu (22/03/2023).

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan telah memenuhi kriteria Mabims serta laporan rukyatul hilal, tadi kita bersepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023 Masehi,” kata Yaqut.

Petugas observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kementerian Agama Aceh mempersiapkan alat untuk memantau hilal. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan posisi hilal di Indonesia pada saat Rabu, 22 Maret 2023, sudah memenuhi kriteria baru penentuan awal bulan hijriah. Kriteria yang dimaksud atas hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Hasil tersebut diperoleh Kemenag setelah menggelar pemantauan hilal di 124 lokasi di seluruh Indonesia pada Rabu, 22 Maret 2023.

Di wilayah Indonesia saja untuk ketinggian hilal dari wilayah Papua itu hampir 7 derajat sampai Sumatra bagian barat itu sekitar 9 derajat. Elongasi kita lihat 7-19, nampaknya hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadan, salat tarawihnya pada malam hari ini dan akan melaksanakan ibadah puasa mulai fajar besok. Hilal juga terlihat di Aceh 9 derajat, 36 menit. Sehingga, menurut hilal mudah diamati di berbagai wilayah.

BMKG Aceh mempersiapkan alat untuk memantau hilal di observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kementerian Agama Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id
Petugas observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kementerian Agama Aceh menggunakan teleskop untuk memantau hilal. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id
Masyarakat ikut memantau hilal. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.