Berlabuh di Aceh Timur, 184 Rohingya Langsung Dievakuasi ke Pidie

184 imigran Etnis Rohingya yang diketahui mendarat di Pantai Kuala Gampong Matang Pelawi, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, pada Senin, 27 Maret 2023, sekitar pukul 02.30 WIB, langsung direlokasi ke penampungan rohingya di Minaraya, Kabupaten Pidie.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Andy Rahmansyah per telepon membenarkan adanya upaya relokasi tersebut.

“usai didata lalu mereka langsung direlokasi ke Pidie,” kata Kapolres.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 184 warga imigran rohingya dilaporkan terlihat di Pantai Kuala Gampong Matang Pelawi, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Diduga mereka diturunkan oleh pengemudi  kapal yang membawa para imigran tersebut, dan kapal langsung kembali melaut.   

Wakil Sekretaris panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek, menyebutkan kaburnya kapal pengankut para imigran rohingya ini diduga menjadi modus untuk meninggalkan para pengungsi ini di sepanjang pesisir Aceh. “Memang diduga ini modus, unuk menurunkan mereka disini, padahal mereka tujuannya ke Malaysia, sudah dua kali terjadi untuk dua rombongan terakhir, yang di Abdya dan Aceh timur ini” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, para imigran terdiri dari 94 laki-laki dewasa, 70 perempuan dewasa, lima anak-anak wanita dan 20 anak-anak laki-laki. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.