BMKG Ingatkan Waspada Potensi Hujan Lebat di Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi pada Rabu, (20/04/2022).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang adalah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

Daerah lainnya, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.

Berikutnya di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

Dari laman Kantor Berita ANTARA, sebelumnya disebutkan, BMKG menginisiasi sistem informasi cuaca maritim khusus transportasi laut, yaitu Indonesia Marine Route Forecast(Ina-MaRFest) untuk keselamatan transportasi laut agar mudik Idulfitri 1443 Hijriah aman dari dampak cuaca buruk.

“BMKG segera meluncurkan sistem informasi cuaca maritim khusus transportasi laut, yaitu Ina-MaRFest untuk meningkatkan keselamatan transportasi laut,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo.

Eko menjelaskan bahwa Ina-MaRFest BMKG adalah sebuah sistem informasi cuaca maritim yang akan memudahkan pelaku pelayaran memperoleh informasi cuaca maritim berbasis dampak yang mudah diakses dan cepat.

Pada sistem informasi Ina-MaRFest BMKG, nantinya pengguna atau nakhoda dapat mengakses tiga fitur utama untuk menunjang keselamatan pelayaran. Fitur-fitur tersebut, antara lain, Sistem Informasi Cuaca Maritim Berbasis Dampak, Dokumen Rute Cuaca Pelayaran, dan Dokumen Rekomendasi Berlayar. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.