Jelang Meugang, Pasokan Sapi Meningkat di Pasar Sibreh Aceh Besar

Menjelang tradisi meugang Ramadhan 1445 Hijriah permintaan Sapi di Aceh mulai meningkat, jumlah pasokan sapi di Pasar Hewan Sibreh, Aceh Besar yang merupakan pasar hewan terbesar di Aceh juga meningkat.

Sapi dan kerbau tersebut didatangkan dari beberapa kabupaten di Aceh seperti Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen. Umumnya sapi-sapi tersebut dibeli untuk kebutuhan hari meugang yang merupakaan hari khusus bagi masyarakat Aceh untuk memasak daging sehari sebelum Ramadhan.

Pedagang sapi di pasar hewan Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Ruslan, mengatakan harga jual sapi saat ini lebih tinggi dari hari biasanya, untuk Sapi dari harga Rp 11,5 juta hingga Rp 60 juta perekornya tergantung berat sapi .

“Untuk hari ini banyak sapi yang masuk, sekitar 300- 500 ekor jauh meningkat dari hari pasar biasaanya sejumlah 200 ekor. Harga jual paling murah 11 juta 500 ribu dan paling mahal 60 juta untuk ukuran sapi 1000 kilo lebih,” Jelas Ruslan.

Erwin dan Khairil, petugas pasar hewan sibreh dari Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Besar, mengatakan adanya peningkatan jumlah sapi yang di jual pada hari pekan ini, jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah lagi pada hari Rabu minggu depan karena sudah mendekati Meugang yang jatuh pada tanggal 8 dan 9 Maret 2024.

Erwin juga mengatakan sapi-sapi yang di jual di Pasar Hewan Sibreh tersebut tidak hanya berasal dari Aceh Besar saja tetapi dari beberapa kabupaten lainnya di Aceh, begitu juga halnya dengan pembeli yang datang dari berbagai daerah diluar Aceh Besar dan Banda Aceh, seperti Stabat Sumatera Utara. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.