KIP Aceh Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu, 4 Kabupaten Masih Belum Selesai.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat provinsi Aceh Pemilu 2024.

Rapat pleno tersebut digelar di Asrama Haji Embarkasi Aceh mulai dari 5-10 maret 2024 yang di ikuti oleh 19 Kabupaten Kota di Aceh, dikarenakan empat kabupaten belum menyelesaikan plenonya.

Ketua KIP Aceh, Saiful menargetkan rapat pleno tingkat provinsi ini bisa selesai tepat waktu nyakni  dalam jangka waktu lima hari.

“Jadi di tanggal 11 maret itu akan dilakukan pleno tingkat Nasional,” ujar Saiful, Selasa (5/3/2024).

Ketua KIP Aceh Saiful / Foto; Haris Al Qausar/Digdata.id

Sementara itu, Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi Aceh pemilu tahun 2024 ini, masih ada 4 kabupaten lagi yang belum menyerahkan hasil plenonya yaitu Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Timur dan kota Lhokseumawe  kata Saiful ketua KIP Aceh.

“Sejauh ini kendalanya seperti di Aceh Timur dan Aceh Utara itu jumlah TPS nya banyak, jadi itu yang menyebabkan terjadi keterlambatan” kata Saiful.

Ke empat Kabupaten/Kota tersebut, lanjut Saiful jika nantinya hingga tanggal 10 maret 2024 belum merampungkan rekapitulasi hasil pemilu maka pihak KIP Aceh akan memberi perpanjangan waktu untuk segera diselesaikan.

Saiful berharap rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara berjalan lancar tanpa kendala.

“Jika nantinya ada kendala, seperti selisih suara, kita akan sandingkan data tersebut sejauh peserta pemilu dapat membuktikan adanya selisih suara,” jelas Saiful. (Fitri)

 

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.