Lamanya Daftar Tunggu Haji, BPKH Kampanyekan Haji Muda

Lamanya masa tungu Haji di Indonesia yang yang mencapai 25 tahun, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengajak warga Muslim untuk mendaftar berhaji pada usia muda.

Anak yang berusia 12 tahun sudah bisa untuk didaftarkan sebagai calon jamaah haji. Namun untuk usia keberangkatan haji termuda minimal 17 tahun atau sudah memegang KTP.

“Kampanye haji muda ini merupakan salah satu upaya BPKH untuk mengajak generasi muda untuk menyadari dan terlibat di dalam penyelenggara ibadah haji,” kata Deputi Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH Juni Supriyanto di Banda Aceh, Selasa.

Juni juga menyampaikan, Melalui kampanye berhaji muda ini BPKH mendorong warga muslim untuk bersiap menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah sedari muda. Karena pelaksanaan ibadah haji, rukun Islam yang kelima, sebaiknya direncanakan dan dipersiapkan sejak usia dini.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 5,3 juta warga Indonesia berada di dalam daftar tunggu keberangkatan haji dengan masa tunggu berhaji rata-rata 25 tahun setelah pendaftaran.

Dengan kondisi yang demikian, ia memberikan gambaran, orang yang mendaftar berhaji pada usia 12 tahun diperkirakan bisa berangkat berhaji pada usia 37 tahun.

“Pada saat itu kita posisi umur yang matang, usia produktif, dan kemudian kesehatan yang baik, dan juga mungkin keuangan yang baik,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kampanye berhaji pada usia muda telah dilakukan dalam tiga tahun terakhir dengan melibatkan sekolah, perguruan tinggi, pesantren, dan komunitas.

“Tiga tahun terakhir memang kita lihat ada perubahan pendaftar haji, yang mendaftar selama ini banyak usia yang lebih muda, yang sebelumnya (kurang), sekarang sudah mulai terlihat mendominasi,” jelasnya lagi.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.