PKK Aceh Komit Jalankan 10 Program Prioritas & Upaya Preventif Sunting

Ayu Marzuki, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kader PKK di Hotel Bidakara, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin 11 September 2023.

Rakornas yang mengusung tema “Kader PKK dan 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju”di haridiri oleh seluruh Ketua TP PKK Provinsi, Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut juga di hadiri langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian. Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta Rakornas yang merupakan pahlawan dari daerah masing-masing sehingga ia merasa tersanjung bisa bertemu dengan mereka.

Ia juga mengatakan banyak program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa terlaksana dengan baik didaerah masing-masing berkat peran ibu-ibu PKK

“Ketua TP PKK di tiap daerah adalah hero, karena di tangan ibu-ibu, program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Masih dalam kesempatan tersebut, Istri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tersebut menekankan kepada seluruh TP PKK di tiap daerah untuk bisa bekerja secara terarah dengan konsep jelas mengacu pada Rencana Strategis yang sudah dirancang didaerah.

“Terkhusus pada program prioritas. Tapi program prioritas ini bisa disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, yang terpenting, buat program mengacu pada rencana induk. Berdayakan masyarakat agar program tereksekusi dengan baik,” tegasnya.

Rakornas kali ini juga dibarengi dengan pengukuhan Ketua Umum TP PKK pusat dan provinsi sebagai Ketua Umum Pembina Posyandu.

Dalam pengukuhan tersebut Tri Tito Karnavian mengatakan bahwa PKK dan Posyandu merupakan dua lembaga yang berbeda tapi dalam implementasi di lapangan, kegiatan Posyandu dikerjakan oleh kader PKK.

“Agar selaras dan kegiatan berjalan optimal, maka mulai saat ini Ketua TP PKK ex officio sebagai Pembina Posyandu,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin, yang berperan sebagai pengisi materi dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, kader PKK mempunyai peran penting dalam menjaga masyarakat tetap sehat, harus bisa menurunkan dan mencegah stunting sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dan untuk menekan angka stunting disetiap daerah penting dilakukan upaya preventif.

“Jangan sampai stunting, karena itu artinya sudah terlambat. Yang paling dibutuhkan adalah upaya pencegahan,” katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK Aceh Ayu Marzuki mengatakan, akan menyesuaikan arahan yang disampaikan di rakornas tersebut.

Dia berpendapat bahwa apa saja yang diarahkan oleh Ketua TPP PKK Pusat dan Menteri Kesehatan RI merupakan sebuah arahan yang sangat baik.

Oleh sebab itu Ayu akan segera melakukan koordinasi lanjutan dengan seluruh jajaran PKK Aceh dan PKK Kabupaten/Kota Se Aceh untuk menyelaraskan serta menindaklanjuti arahan tersebut, terutama terkait 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju dan upaya preventif untuk menekan angka stunting di Aceh.

“Sesampai di Aceh kita akan sampaikan hasil Rakornas ini, dan nanti kita arahkan PKK Aceh untuk bersama-sama menindaklanjutinya sesuai dengan arahan Ibu ketua umum PKK dan Bapak Menkes RI,” tutupnya.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.