Pemahaman Anti Hoaks Jelang Pemilu untuk Siswa

Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 dan SMAN 3 kota Banda Aceh diberi pemahaman anti hoaks menjelang pesta demokrasi tahun 2024 dalam kegiatan Roadshow KAMU DEMRES.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Koalisi Anak Muda Demokrasi Resilience (KAMU DEMRES) yang juga berkejasama dengan Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Masyarakat Anti Hoaks Aceh (MAHA) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Banda Aceh.

Penanggung jawab ketahananan demokrasi GeRAK Aceh, Destika Gilang Lestari mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan orang muda dalam mengawal ketahanan demokrasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Siswa-siswi ini bakal menjadi pemilih dalam pemilu tahun depan, oleh karena itu mereka harus dibekali pemahaman anti hoaks agar bisa ikut serta mengawal pemilu bersih,” jelas Gilang, Kamis (19/01/2023).

Anggota Bawaslu Kota Banda Aceh, Ely Safrida menilai keterlibatan orang muda sangat diperlukan untuk menjadi pengawas partisipatif serta dapat terlibat aktif dalam menangkal hoaks demi pemilu bersih. 

Ia juga mengimbau agar siswa-siswi yang akan menjadi pemilih untuk dapat menggunakan hak pilih yang diterimanya.

“Jadi jangan sampai Golput (Golongan Putih), kita harus menggunakan hak pilih kita, jangan sampai hak pilih kita di guna-guna oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas Afrida.

Seorang siswi SMAN 2 Banda Aceh, Salsabila mengatakan dirinya pernah beberapa kali menemukan hoaks yang tersebar di media sosial, menurutnya hoaks sangatlah berbahaya karena dapat merugikan siapa saja.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak muda seperti kami, kami bisa mengenal hoaks lebih dalam” ujar Salsabila. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.