Pemuda Aceh Bentangkan Bendera Merah Putih di Ujung Pulau Sumatera

Mahasiswa pecinta alam yang tergabung dalam Gainpala UIN Ar-raniry menggelar aksi pembentangan bendera merah putih di bawah laut ujung pulau Sumatera, tepatnya di kawasan Ujung Pancu, Kabupaten Aceh Besar, Aceh (16/08/2023).

Aksi pembentangan bendera ini dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan RI yang ke-78. Muhammad Riski, Kepala Gainpala UIN Ar-raniry mengatakan, pembentangan sang saka merah putih di ujung pancu salah satu upaya mempromosikan wisata bawah laut, sekaligus kampanye penyelamatan terumbu karang.

“Kami sudah beberapa kali melakukan aksi pembersihan atau rehabilitasi terumbu karang di wilayah pesisir ujung pancu ini, bertepatan menjelang hari kemerdekaan, kami ingin membentangkan bendera merah putih, sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan seperti biota laut yang kaya akan keanekaragaman hayati harus terus dilestarikan, jelas Riski, Rabu (16/08/2023).

Dalam aksi ini, delapan penyelam yang sudah profesional ikut serta menyukseskan kegiatan tahunan tersebut. Penyelam dari Gainpala, Basarnas Banda Aceh, Possi Aceh juga ikut terlibat.

“Ada beberapa penyelam yang ikut, mereka sudah punya legalitas selam dan sudah profesional. Selain di atas permukaan air, tim ini juga membentang bendera dibawah laut dengan kedalaman 5 meter”, tambah Riski.

Pembentangan bendera merah putih yang juga melibatkan masyarakat, aparat TNI, Kesbangpol dan Forum Jurnalis Lingkungan (FJL). (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.