Surat Suara Dari Pulau Terluar Tiba Di KIP

Para pekerja menurunkan kotak suara dari perahu yang membawa kotak suara dari Pulau Aceh untuk dikirim ke kantor pusat Komisi Independen Pemilihan untuk proses rekapitulasi suara lanjutan, di Banda Aceh, Indonesia, 20 Februari 2024.

Proses unloading kotak suara dari kapal. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Sebanyak 90 kotak suara dari 18 TPS yang ada di Kecamatan Pulau Aceh tiba di pelabuhan Ulele Banda Aceh setelah dilakukan rapat pleno rekapitulasi suara di Kecamatan Pulau Aceh pada Senin 19 Febuari 2024.

Kecamatan Pulau Aceh adalah salah satu pulau terluar di Propinsi Aceh yang memiliki 17 desa, 5 desa di Pulau Nasi 12 desa di Pulau Breuh dengan jumlah pemilih 3.225 orang.

Ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Pulau Aceh, Farhan mengatakan dari awal pendistribusian, pencoblosan hingga penghitungan suarat suara dan rekap dari desa hingga kecamatan tidak ada kendala dan masalah yang mereka temukan kecuali gangguan jaringan yang kadang-kadang hilang saat sedang melakukan aplod hasil ke web KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan hal itu proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota resmi dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024.

Polisi mengawal proses pengembalian kotak suara dari pulau terluar Aceh menuju KIP. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id
Kapal kayu yang membawa kotak suara dari pulau terluar Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id
Kotak suara dari pulau terluar Aceh tiba di pelabuhan untuk di kirim ke KIP. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id
Kotak suara diangkut menggunakan kapal yang khusus disewa KIP. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.id

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.