Tim SAR Gabungan Evakuasi 69 Pengungsi Rohingya Yang Kapalnya Karam 

Basarnas Aceh bersama Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan puluhan pengungsi rohingya yang terapung diatas kapal yang terbalik di laut Aceh Barat, Meulaboh Kamis (21/3).

Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Haris Al Husaien mengatakan Puluhan pengungsi Rohingya yang terjebak diatas kapal terbalik tersebut sudah di temukan dalam keadaan terapung pada pukul 09.00 WIB, di koordinat 4°14’00″N – 95°48’00″E, Arah Barat Laut, lebih kurang 21 Mil dari pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh.

Sejumlah Pengungsi Rohingya yang berhasil di Evakuasi Tim SAR Gabungan di Perairan Aceh Barat yang terapung karena kapalnya karam Foto; Dok. Tim SAR Banda Aceh.

“ Tim menemukan mereka dalam keadaan terapung pada pukul 09.00 pagi dan langsung dilakukan evakuasi hingga pukul 12.00 siang tadi, jumlahnya 69 orang, 42 laki-laki, 18 perempuan dan 9 anak-anak”. Jelas Ibnu Haris.

Ibnu Haris juga menambahkan, 69 pengungsi Rohingya tersebut kini di di Evakuasi ke pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh dengan menggunakan dengan kapal KN SAR Kresna.

Pencarian terhadap pengungsi rohingya yang masuk perairan Aceh barat tersebut telah dilakukan Tim SAR Aceh sejak Kamis 01.00 WIB dini hari hingga pukul 03.00 WIB, pencarian di hentikan karena tidak ditemukan keberadaan mereka.

Tim SAR Gabungan sedang melakukan Evakuasi pengungsi Rohingya yang karam Kapalnya di Laut Aceh Barat Kamis (21/3). Foto.dok Tim SAR Banda Aceh

Pada pukul 08.00 WIB Tim Sar kembali melakukan pencarian dengan menyisir laut Aceh barat, pada pukul 09.00 tim SAR menemukan ke 69 pengungsi Rohingya yang terombang ambing di laut, di atas kapal yang terbalik dengan jarak 21 Mil dari dari pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh.

Sebelumnya Basarnas mendapatkan llaporan ada 100 imigran rohingya yang menjadi korban kapal tenggelam di perairan kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat pada Rabu (20/3). Berdasarkan informasi yang diterima dari Camat Samatiga tersebut, 100 san imigran rohingya tersebut ingin menuju ke Australia, namun dalam perjalanan kapal mereka terbalik hingga tenggelam. 6 orang imigran yang hayut berhasil diselamatkan nelayan dan ditampung di kantor Camat Samatiga Kabupaten Aceh Barat.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.