1.764 Bacaleg di Aceh Jalani Tahap  Uji Mampu Membaca Alquran

Bakal calon anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Aceh, menjalani uji mampu baca alquran, yang dipusatkan di Asrama Haji Banda Aceh, 6 hingga 12 juni 2023.

Tes mampu baca alquran ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi bacaleg, khususnya yang beragama islam, sedangkan untuk yang beragama nonmuslim, tidak diwajibkan.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Munawarsyah mengatakan, sebanyak 1.764 bacaleg untuk DPR Aceh dari 24 partai politik ikut dalam tes mampu baca alquran tersebut.

“KIP Aceh juga menetapkan 30 tim penguji dari lembaga pengembangan tilawatil qur’an, kantor kementerian agama dan majelis permusyawartan ulama aceh,” kata Munawarsyah, Selasa (06/06/2023).

Munawarsyah menambahkan, penilaian uji mampu baca alquran difokuskan pada aspek penguasaan ilmu tajwid, dimana peserta akan mendapat nilai maksimal sebanyak 40 poin, fashahah 40 poin dan adab 20 poin.

Uji kemampuan membaca alquran tersebut, berpedoman pada pasal 13 Qanun Aceh nomor 3 tahun 2008 tentang persyaratan dan mekanisme pencalonan DPR Aceh dan DPR Kabupaten/Kota.

Masing-masing bacaleg akan diminta membacakan minimal satu ayat oleh tim penguji. Penilaian kepada masing-masing bacaleg dilakukan langsung oleh tim penguji, tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Poto : Hotli SImanjuntak. / Digdaa.id

Sementara itu, satu bakal calon anggota legislatif bacaleg pemilu 2024 di Kabupaten Nagan Raya, harus menjalani uji kemampuan  baca alquran secara virtual melalui aplikasi zoom.  Pasalnya T. Zulkarnain, sang bacaleg  sedang melaksanakan ibadah haji, namun tetap diwajibkan mengikuti tahapan uji kemampuan baca alquran kendati secara virtual.

Bacaleg dari Partai Nasdem untuk DPR Kabupaten Nagan Raya itu harus menjalani tahapan uji kemampuan  baca alquran jika tidak  ingin digugurkan.

Sebanyak 414 bacaleg dari partai politik lokal dan  parpol nasional  di Kabupaten Nagan Raya mengikuti tahapan uji kemampuan  baca alquran yang dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Kabupaten Nagan Raya. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.