Alami Gangguan Paru, Satu Jemaah Haji Kloter Satu Dilarikan ke RSUZA

Seorang jemaah haji Aceh kloter satu bernama Cut Kasmawati Teuku Raja harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh karena mengalami gejala pneumonia alias radang paru-paru.

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh, Yusri, mengatakan saat tiba dan turun dari pesawat, Cut Rahmawati dituntun oleh petugas kesehatan karantina Bandara SIM   untuk di bawa dengan mobil ambulance menuju RSUZA Banda Aceh guna mendapatkan perawatan lanjutan atas penyakit yang dialami jemaah tersebut.

“ Sementara beberapa Jemaah lain hanya menjalani pemeriksaan di klinik asrama debarkasi Aceh,” katanya.

Setiba di asrama haji debarkasi Aceh, 391 jemaah haji Kloter I ini, langsung menjalani pemeriksaan kesehatan dan swab antigen. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua jemaah kloter 01-BTJ meninggal dunia, dan keduanya berasal dari Kabupaten Pidie Jaya, masing-masing Muslim bin Abdul Wahab Salam (51 tahun) meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum landing di bandara Amir Muhamnad bin Abdul Aziz, Madinah, Rabu (15/06/2022)  dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55 tahun) meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Mekah, Minggu (10/07/2022).

Ada 149 jemaah laki-laki dan 242 jemaah perempuan yang kembali ke Aceh. Rincian nya, 187 orang dari Kota Banda Aceh, 70 dari Kabupaten Aceh Besar, 57 orang dari Aceh Utara dan 52 orang dari Pidie Jaya, ditambah empat petugas kloter dan dua TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Dari 391 jemaah, 3 jemaah terpaksa menggunakan kursi roda dan 7 jemaah lainnya dalam pantauan khusus TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) kloter satu. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.