Pantau Keamanan Arus Balik Idul Fitri, Basarnas Lakukan Patroli di Perairan Aceh

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran moda transportasi pada arus balik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar patroli di perairan Aceh.

Patroli di perairan aceh tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain menggunakan kapal SAR KN Kresna 232 yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh.

Pada patrol tersebut, melibatkan unsur kepolisian, Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, serta instansi terkait lainnya maupun mitra SAR. Area patroli meliputi rute pelayanan kapal penumpang dari Pelabuhan Ulee Lheue hingga Pelabuhan Balohan, Pulau Weh, Kota Sabang.

Sesampai di pelabuhan Balohan, Tim SAR gabungan juga menyempatkan diri mengunjungi pos keamanan dan pelayanan. Kondisi di dua pelabuhan dalam keadaan dipadati calon penumpang.

Dalam patroli tersebut, terpantau sejumlah kapal penyeberangan, baik kapal cepat maupun lambat, dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan maupun ke Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Kapal-kapal tersebut dipadati ratusan penumpang. Saat patroli berlangsung, cuaca dalam keadaan cerah dan laut dalam keadaan tenang tanpa gelombang. Selain kapal penyeberangan, area patroli juga dipadati perahu nelayan.

Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain mengatakan patroli bersama dengan sejumlah unsur pihak terkait tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dalam perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

“Patroli ini untuk memantau bagaimana moda transportasi laut pada libur hari raya Idul Fitri. Dari pantauan kami, ada peningkatan pelayaran ke Pulau Weh, Kota Sabang maupun sebaliknya, ke daratan Aceh,” katanya.

Selain memantau kondisi pelayaran, kata dia, patroli tersebut juga dibarengi dengan pengecekan personel pada pos terpadu di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang. Pos terpadu tersebut melayani penumpang kapal yang berlibur ke pulau di ujung barat Indonesia tersebut

“Operasi siaga libur Idul Fitri ini sifatnya terpadu, tidak sendiri-sendiri. Karena itu, kami terus membangun sinergi dengan instansi terkait lainnya guna memastikan kegiatan masyarakat berjalan lancar,” kata Ibnu Harris Al Hussain.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.