17.922 Wisatawan Kunjungi Sabang di Libur Idul Fitri

Liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kunjungan wisatawan ke Kota Sabang meningkat drastis dari hari hari biasanya, bahkan jumlah tahun ini meningkat dari libur lebaran tahun sebelumnya.

Dinas Perhubungan Kota Sabang menyebutkan selama dua pekan ini terhitung 1-14 April 2024 wisatawan yang berkunjung ke Kota Sabang tercatat sebanyak17.922 orang. hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Husaini.

Menurutnya data tersebut berdasarkan data kedatangan di Sabang mulai 1-14 April 2024. Peningkatan penumpang kapal penyeberangan mulai terlihat H-7, hingga puncaknya H+5 Lebaran.

“Kondisi yang cukup padat pada Lebaran tahun ini dimulai dari Kamis (11/4) kemarin sampai Sabtu (13/4), bahkan hari ini keramaian juga masih terlihat,” kata Husaini.

Tumpukan Kendaraan sepeda motor di Pelabuhan Balohan Sabang pada puncak arus balik lebaran idul fitri 2024 Foto; Fitri/ Digdata.id

Per 1-14 April 2024, penumpang yang tiba di Sabang tercatat mencapai 17.922 orang, dan yang berangkat dari Sabang ke Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh sebanyak 16.511 orang.

Secara keseluruhan, lanjut dia, penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut Sabang-Banda Aceh atau sebaliknya sebanyak 34.433 orang, dengan turut membawa 6.951 unit kendaraan roda dua dan 2.043 unit kendaraan roda empat.

“Sampai hari ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Sabang, dengan memanfaatkan dua hari terakhir libur Lebaran, bersamaan dengan arus balik,” ujarnya.

Dan untuk bisa mengangkut semua wisatawan yang datang ke Sabang pihak ASDP menambah jadwal keberangkatan kapal Fery Roro yang biasanya Dua Trip kini menjadi lima hinggga Enam trip, begitu juga dengan trip kapal Express Bahari yang biasanya 3 trib sejak libur lebaran nambah menjadi Empat hingga Lima trip setiap harinya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi berharap peningkatan kunjungan tersebut dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekaligus ajang mempromosikan Pulau Weh ke lebih luas lagi.

“Bagi wisatawan, selamat berlibur, selamat menikmati keindahan alam, budaya, serta histori Kota Sabang, dan jaga kelestarian alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.