Harga TBS Sawit Anjlok, Pedagang di Aceh Selatan Hentikan Pembelian

Sebagian agen pengumpul tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di wilayah Kabupaten Aceh Selatan sejak Senin (16/05/2022), terpaksa menghentikan sementara pembelian TBS. Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir ini harga TBS terus anjlok dan membuat pedagang merugi.

“Terakhir harga pembelian TBS Rp 1.500/Kg dan sekarang anjlok mencapai Rp. 1000/Kg, Karena TBS terlalu menumpuk di lokasi penimbangan kelapa sawit atau Ram dan menghindari kerugian yang lebih besar terpaksa mulai hari ini Ram kita tutup sementara,” ungkap Fadlan kepada Digdata, salah seorang agen pengumpul di wilayah Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, Selasa (17/05/2022).

Saat ini, sebut Fadlan, harga TBS kelapa sawit di Aceh Selatan terus menurun dan jika para pedagang tetap memaksakan diri untuk membeli TBS dikhawatirkan akan mengalami kerugian yang semakin besar.

“Penutupan sementara Ram kita ini karena harga TBS semakin turun, ini langkah untuk menghindari penurunan harga, sebab jika kita paksakan tetap membeli akan mengalami kerugian yang lebih banyak,” pungkasnya.

Pantauan Digdata.id, di beberapa tempat pengepul TBS kelapa sawit di wilayah Kluet Raya tutup dan tidak ada aktifitas.

Seorang petani kelapa sawit, Rama mengatakan, anjloknya harga kelapa sawit sangat merugikan baginya, mengingat biaya perawatan kelapa sawit saat ini semakin mahal seperti harga pupuk, dodos, pembabatan rumput dan lainnya.

Rama berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan para petani sawit terutama harga penjualan agar tidak terus menurun yang sangat tidak wajar. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.