Hari Kedua Lebaran, Warga Masih Ziarahi Makam Massal Korban Tsunami

Peziarah masih mendatangi komplek pemakaman massal korban gempa dan tsunami Aceh dikawasan Siron, Aceh Besar pada lebaran hari kedua. Sebagian besar mereka datang dari luar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Para peziarah datang bersama keluarga untuk menyambangi tempat peristirahatan orang terkasih mereka yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Mereka meyakini kalau jasad anggota keluarganya dimakamkan disini.

“ Kami sengaja datang berziarah kesini, ya mengirim doalah buat anggota keluarga, datang dihari kedua, sekalian juga untuk melihat Masjid Baiturrahman di Banda Aceh,” ujar Usman, warga Beureunun, Kabupaten Pidie, Selasa (03/05/2022)

Para peziarah berdoa dan juga  membaca Al Quran sembari duduk di balai-balai yang tersedia di lokasi atau membentangkan tikar di rerumputan taman kuburan massal tersebut.

Peziarah lain, Wasni, menjelaskan ia bersama suami dan anak-anak setiap hari raya Idul Fitri  mengunjungi kuburan massal Gampong Siron karena diyakini sebagai lokasi pemakaman mertuanya yang menjadi korban dalam bencana tsunami dahsyat itu

Usai berdoa, peziarah juga terlihat memilih untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan merayakan liburan lebaran ke pusat Kota Banda Aceh. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.