Kenang Peristiwa Tsunami Aceh, SBY Menitikan Air Mata

Sehari jelang peringatan 19 tahun Peristiwa Gempa Tsunami Aceh, Senin 25 Desember 2023, Presiden RI Ke 6, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) melakukan kunjungan khusus ke Aceh selama dua hari.

SBY datang ke Aceh didampingi langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono (AHY).

Setiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Balang Bintang Aceh Besar, SBY dan rombongan bertolak ke kuburan massal Siron Aceh Besar, untuk berziarah. Ia mengenang kembali peristiwa tsunami yang melanda Aceh 19 tahun lalu, saat dirinya masih menjabat sebagai Presiden RI.

SBY masih ingat saat ia berkunjung ke Aceh bersama Alm. Ibu Ani Yudoyono setelah tsunami menerjang Aceh 2004 silam, banyak sekali jenazah yang tergeletak dimana-mana dan hampir seluruh Aceh porak poranda karena tsunami.

Presiden ke 6 Indonesia ini tak kuat menahan haru, jika mengenang kembali peristiwa tsunami Aceh.

“ Waktu itu Pak Jusuf Kalla duluan datang kesini, kemudian baru saya menyusul bersama istri, betapa kagetnya kami melihat korban-korban yang sudah meninggal tergeletak di mana-mana. Tempat ini mengingatkan saya kepada seluruh Arwah yang telah berpulang dalam bencana dahsyat tsunami”tutur SBY saat berziarah ke kuburan massal tsunami di siron Aceh Besar.

SBY di dampingi Ketua umum partai Demokrat Agus Harimukti Yudoyono (AHY) bersama tokoh agama melakukan tabur bungan di makam korban tsunami desa Siron Aceh Besar. Foto ; Fitri/Digdata.id

Sambil menyeka air mata yang mengalir dan suara yang terbata-bata, SBY mengaku musibah yang maha dahsyat ini merupakan salah satu cobaan yang paling berat yang dihadapi masyarakat Aceh pada saat itu. Ia juga berharap Aceh semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera kedepan.

“ Tsunami 2004 silam adalah cobaan terberat bagi Indonesia, untuk itu semua pihak berkewajiban secara moral untuk mengenang musibah besar tersebut. dan Alhamdulilahnya damaipun datang di tanah Aceh” kenangnya Presiden ke 6 Indonesia tersebut.

19 Tahun sudah peristiwa gempa tsunamai Aceh, SBY melihat ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan, baik di tingkat Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Pusat agar bisa memajukan tanah Aceh. namun ia tidak merinci persoalan tersebut.

Selain berziarah ke kuburan korban tsunami Aceh, SBY juga menghadiri konsolidasi Partai Demokrat dan melakukan pertemuan dengan tim kampanye daerah yang juga bakal dihadiri oleh capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

 

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.