Pulot Bakar: Jajanan Tradisional Nan Menggoda

Amir, pedagang pulut bakar sedang memanggang pulut bakar, untuk dijual, di jalan Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, Indonesia, 09 February 2022. Pulut bakar atau masyarakat lokal Aceh menyebutnya dengan Pulot, adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ketan putih yang diberi santan, dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar.

Amir mempersiapkan dagangannya sejak pagi hari. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Pulut bakar ini disukai banyak orang karena rasanya yang empuk dan legit. Apalagi disajikan saat baru selesai dipanggang. Secara fisik, tampilan pulut bakar mirip seperti lemper, ketan putih yang dibalut dengan daun pisang, dan dibakar dengan menggunakan tungku atau alat panggangan.

Aroma daun pisang menambah selera. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Pulut bakar biasanya dijual pagi atau malam hari. Lebih mudah menemukanya saat musim durian sudah tiba. Pulut bakar adalah makanan pendamping durian yang sangat enak untuk dinikmati.

Jajanan tradisional yang banyak di temukan di Aceh. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Selain itu, pulut bakar juga sangat mudah dijumpai di warung kopi tadisional Aceh, karena cocok jika disajikan dengan teh panas ataupun kopi hitam khas Aceh. Pulut Bakar sangat nikmat disantap saat masih dalam keadaan hangat, tandanya pulut ini baru saja selesai dibakar.

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.