Kloter I JCH Aceh Terbang ke Tanah Suci

Sebanyak 393 Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) Satu, diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Haji Aceh. Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Iqbal Muhammad, mengatakan, semua Jemaah dalam kondisi sehat, termasuk menunjukkan hasil negatif pemeriksaan uji Covid-19.

Jemaah Calon Haji Kloter I berasal dari jemaah asal Banda Aceh 187 orang, Sabang 19 orang, Aceh Besar 70 orang, Pidie Jaya 54 orang, dan Aceh Utara 57 orang, dengan Jemaah termuda bernama Nur Akmaliaturrahmi Binti Iswandi berusia 19 tahun berasal dari Kabupaten Aceh Besar.

JCH Aceh Kloter I ini dilepas langsung oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dari Asrama Haji banda Aceh. “Jemaah akan terbang pada pukul 00.25 wib, Rabu dini hari,” jelas Iqbal, Selasa 14/06/2022).

Setibanya di Madinah, sebut Iqbal, JCH akan ditempatkan di Maktab 14 di wilayah Raudhah. “Penginapan ini jaraknya tidak jauh dari Masjidil haram, hanya 2 kilometer saja, jadi akan memudakan jemaah untuk beribadah. Selain itu disediakan juga Bus Salawat yang beroperasi selama 24 jam sehari untuk mengantar Jemaah ke tempat-tempat ibadah,” jelas Iqbal.

Gubernur Nova Iriansyah melepas Keberangkatan Kloter i Aceh ke Tanah Suci. Selasa (14/06/2022)

Kepada para Jemaah haji Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengatakan keberangkatan itu disebut patut disyukuri bersama, karena seperti yang diketahui, tahun sebelumnya pemberangkatan jamaah haji harus dibatalkan karena situasi Pandemi Covid-19.

Gubernur juga mengatakan, pihaknya terus berharap agar kuota haji Aceh dapat ditambah, sehingga daftar tunggu bisa menurun dari tahun ke tahun. Dengan adanya pengurangan kuota Jemaah tahun ini, maka daftar tunggu haji untuk propinsi Aceh menjadi 32 tahun dengan jumlah Jemaah 131.599 orang.

Gubernur juga berpesan, agar para jamaah haji Aceh dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik- baiknya. “Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh Calon Jamaah Haji Aceh, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik,” ujar Gubernur. (Yan)

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.