Meugang, Tradisi Menyambut Dan Mengakhiri Ramadhan Di Aceh

Meugang menjadi moment berkumpul bagi semua anggota keluarga yang akan datang dari berbagai kota maupun dari perantauan. Selain menjadi moment berkumpul bagi keluarga, tradisi ini juga menjadi moment bagi masyarakat untuk bersedekah.

Masyarakat setempat menyiapkan daging sapi sebelum dibagikan saat tradisi ‘meugang’ menjelang bulan Ramadhan, di Banda Aceh, Indonesia, 30 Maret 2022. Tradisi Meugang adalah acara tradisional lokal yang dirayakan oleh masyarakat Aceh untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan .

Daging sapi dipersiapkan untuk dibagi. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Seperti masyarakat muslim dibagian lain Indonesia, masyarakat Aceh memiliki kebiasaan dan tradisi yang disebut dengan tradisi “Meugang”. Tradisi Meugang merupakan kebiasaan masyarakat Aceh untuk menyambut dan mengakhiri bulan Ramadhan, dengan mengkonsumsi daging sapi secara bersama-sama dengan semua anggota keluarga.

Persiapan menyambut Ramadhan dengan meugang. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tradisi ini juga menjadi moment berkumpul bagi semua anggota keluarga yang akan datang dari berbagai kota maupun dari perantauan. Selain menjadi moment berkumpul bagi keluarga, tradisi ini juga menjadi moment bagi masyarakat untuk bersedekah. Zaman dahulu, pada hari “Meugang” para pembesar kerajaan dan orang kaya, akan membagikan sapi kepada kaum fakir miskin sebagai bentuk sedekah.

Persiapan menyambut Ramadhan dengan meugang. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tradisi makan daging sapi secara bersama-sama menyebabkan konsumsi dan kebutuhan daging sapi membengkak di awal dan di akhir bulan Ramadhan. Ribuan ton daging sapi segar akan habis untuk mencukupi kebutuhan daging pada saat tradisi ini.

Awal Ramadhan diperkirakan jatuh pada 02 April di Indonesia tahun ini, dimana warga Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan dengan berdoa pada malam hari dan menahan diri dari makan, minum, dan tindakan seksual selama periode antara matahari terbit dan terbenam.

Daging sapi untuk persiapan meugang. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan diyakini bahwa turunnya ayat pertama dalam Alquran adalah selama 10 malam terakhirnya.

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Daging sapi untuk persiapan meugang. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Sapi gemuk untuk persiapan meugang. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.