Pengembangan Ekonomi Nelayan Melalui Produk Ikan Olahan

Saat ini pemerintah sudah merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor kelautan dan perikanan pada tahun 2021 mencapai Rp 8,05 triliun yang disalurkan kepada 231.329 pelaku usaha

Sejumlah peserta dari Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) sedang memajang produk ikan olahan di Gedung Rumah Ikan Higienis milik Dinas Kelautan dan Perikanan atau DKP Aceh di Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh.

Pelaku usaha sedang memamerkan hasil pengolahan ikan. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Gedung Rumah Ikan Higienis merupakan lokasi pameran permanent para pengusaha ikan olahan dalam bentuk UMKM sebagai upaya untuk memasarkan produk dalam upaya mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat Aceh dari sektor perikanan yang melimpah.

Peningkatan perekonomian masyarakat nelayan yang dimotori oleh Dinas Kelautan dan Perikanan bersama instansi teknis lainnya, yaitu Disperindag Aceh, membantu memasarkan produk olahan perikanan UMKM ke berbagai supermarket dan mall di dalam negeri.

Ikan kering hasil olahan. Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Dalam menjalankan usahanya para pelaku UMKM dibantu pemerintah Indonesia dengan memberikan bantuan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Saat ini pemerintah sudah merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor kelautan dan perikanan pada tahun 2021 mencapai Rp8,05 triliun yang disalurkan kepada 231.329 pelaku usaha.

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi, Tenaga Pendamping Usaha Kelautan dan Perikanan (TPUKP) yang turut berperan dalam penyaluran pembiayaan kepada 1.771 pelaku usaha dengan realisasi sebesar Rp43,61 miliar, serta pendataan dan pembinaan kepada 4.889 pelaku usaha sekaligus calon debitur potensial.

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID
Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Foto: Hotli Simanjuntak/digdata.ID

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.