Bill Gates Bukan Lagi Orang Kaya Nomor Satu Didunia

Majalah Forbes kembali memperbaharui daftar 10 orang terkaya di dunia. CEO LVMH (perusahaan induk Louis Vuitton), Bernard Arnault masih bertahan di posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia.

Majalah Forbes kembali memperbaharui daftar 10 orang terkaya di dunia. CEO LVMH (perusahaan induk Louis Vuitton), Bernard Arnault masih bertahan di posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia.

Dalam daftar terbaru ini, masih ada sosok-sosok yang sudah lama memegang status sebagai 10 orang terkaya di dunia. Misalnya seperti CEO Tesla, Elon Musk;  CEO Amazon, Jeff Bezos; dan pendiri Berkshire Hathaway, Warren Buffet.

Namun, daftar orang terkaya di dunia kali ini dihiasi nama baru, yakni Francoise Bettencourt Meyers, cucu dari pendiri merek produk kecantikan kelas dunia, yakni L’Oreal. Meyers adalah satu-satunya perempuan dalam 10 orang terkaya di dunia.

Forbes mencatat, para miliarder tersebut paling banyak menyimpan kekayaannya dalam bentuk saham di perusahaan-perusahaan yang mereka dirikan. Saat harga saham itu bergerak, kekayaan mereka pun turut mengikutinya.

Pada 1 Februari 2023, salah satu pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, menempati peringkat ke-8 dan ke-10 terkaya di dunia. Tetapi karena harga saham Alphabet (induk Google) turun lebih dari 9 persen dalam sebulan terakhir, Page dan Brin akhirnya terdepak dalam daftar 10 orang terkaya di dunia. Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia terbaru versi Majalah Forbes.

Bernard Arnault

1. Bernard Arnault

Bos merek mewah Louis Vuitton menduduki peringkat pertama dengan total harta kekayaan sebesar 210,8 miliar dolar AS, atau setara Rp3.228,8 triliun. Pria yang kini berusia 78 tahun tersebut makin memperkaya bisnis keluarganya, LVMH dengan mengakuisisi Christian Dior senilai 15,8 miliar dolar AS pada tahun 2017.

Selain Dior, LVMH juga menjadi pemilik dari merek barang mewah ternama lainnya, yakni Charles & Keith, Givenchy, Céline, dan masih banyak yang lainnya.

Elon Musk

2. Elon Musk

CEO Tesla, Elon Musk menduduki peringkat kedua sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan 196,5 miliar dolar AS, atau setara Rp3.009,96 triliun. Sebelumnya, Musk sempat menduduki peringkat pertama hingga Desember 2022. Namun, kekayaannya menurun akibat anjloknya harga saham Tesla, bahkan penurunannya nyaris menyentuh 50 persen

Jeff Bezos

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos, pendiri Amazon merupaka sosok yang cukup lama menduduki daftar 10 orang terkaya di dunia. Bezos tercatat memiliki kekayaan sebesar 117,4 miliar dolar AS atau setara Rp1.797,8 triliun.

Pada tahun 2017, Bezos sempat menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia, mengalahkan Bill Gates yang kala itu sempat mendudukinya. Namun, posisinya sempat berganti-gantian dengan Bill Gates.

Bezos sempat mempertahankan posisi orang terkaya pertama di dunia pada tahun 2018 sampai 2021. Memasuki tahun 2022, dia turun ke peringkat kedua, kemudian turun lagi ke peringkat ketiga sejak Januari tahun ini.

Larry Ellison

4. Larry Ellison

Salah satu pendiri Oracle, Larry Ellison menduduki daftar ke-4 orang terkaya di dunia dengan total harta kekayaan 112,8 miliar dolar AS, atau setara Rp1.719,1 triliun. Sebagai informasi, Oracle adalah perusahaan teknologi komputer yang berbasis di Austin, Texas.

Ellison sendiri dikenal sebagai pemilik dari banyak real estat di berbagai wilayah AS dan Hawaii, termasuk tanah seluas 246 hektar yang rencananya akan dibangun resort di atasnya.

5. Warren Buffet

Pendiri Berkshire Hathaway, Warren Buffet menduduki peringkat ke-5 orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan 106,4 miliar dolar AS atau setara Rp1.629,3 triliun.

Buffet dianggap sebagai investor paling sukses sepanjang tahun ini. Ia menjalankan perusahaan induk Berkshire Hathaway yang menggerakkan lebih dari 60 perusahaan seperti Duracell, Dairy Queen Restaurant dan juga asuransi Geico.

6. Bill Gates

Bill Gates menduduki posisi ke-6 orang terkaya di dunia pada tahun ini. Founder Microsoft ini diperkirakan punya kekayaan sebesar 104,9 miliar dolar AS atau setara Rp1.606,72 triliun.

Gates juga terkenal sebagai sosok yang cukup aktif di bidang filantropi. Gates sadar dengan memberikan sebagian kekayaannya itu namanya akan keluar dari daftar orang terkaya dunia. Namun, dia tak mempermasalahkannya. Sebab, Gates meyakini kalau hartanya juga dimiliki oleh orang-orang yang membutuhkan.

Bill Gates

7. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu dan keluarganya adalah pemilik perusahaan America Movil, perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Latin yang beroperasi di lebih dari 15 negara.

Helu tercatat memiliki kekayaan senilai 89,9 miliar dolar AS, atau setara Rp1.376,9 triliun. Pria berusia 83 tahun itu juga memiliki saham di perusahaan konstruksi, barang-barang kebutuhan sehari-hari, pertambangan, dan juga real estate.

Carlos Slim Helu

8. Mukesh Ambani

Pengusaha asal India Mukesh Ambani menduduki posisi ke-8 orang terkaya di dunia. Ambani, menurut Forbes, memiliki kekayaan sebesar 83,3 miliar dolar AS atau setara Rp1.275,8 triliun.

Sebagian besar hasil kekayaan Ambani berasal dari saham di Reliance yang bergerak di bisnis penyulingan minyak dan petrokimia warisan ayahnya pada 2002 silam. Saat ini, Ambani termasuk miliarder yang memiliki usaha di bidang petrokimia, gas, minyak, dan ritel.

Mukesh Ambani

9. Steve Ballmer

Orang terkaya ke-9 di dunia tahun 2023 versi Forbes adalah Steve Ballmer. Ia memiliki kekayaan sebesar 80,9 miliar dolar AS atau setara Rp1.238,5 triliun.

Ballmer juga merupakan salah satu pendiri Microsoft dan merupakan satu dari 30 karyawan pertama Microsoft. Pada awal karirnya, dia merupakan manajer bisnis, dan akhirnya pada tahun 2000 Ballmer diangkat menjadi CEO Microsoft menggantikan Bill Gates sampai tahun 2014. 

Saat ini, Ballmer sudah pensiun dari Microsoft. Dia membeli klub basket Los Angeles Clippers senilai 2 miliar dolar AS. Kekayaannya dia raih salah satunya dari kepemilikannya atas klub NBA tersebut.

Steve Ballmer

10. Francoise Bettencourt Meyers

Francoise Bettencourt Meyers adalah cucu dari pendiri L’Oreal. Bettencourt Meyers dan keluarganya mengantongi 33 persen saham L’Oreal. Bettencourt Meyers sendiri telah menjadi direksi L’Oreal sejak tahun 1997.

Pada tahun 2017, Ibunda dari Bettencourt Meyers, yakni Liliane Bettencourt meninggal dunia. Akhirnya, dia pun mewarisi kekayaan sang ibu. Kini, Bettencourt Meyers tercatat memiliki kekayaan senilai 80,7 miliar dolar AS atau setara Rp1.235,3 triliun di usianya yang menginjak 69 tahun.

Francoise Bettencourt Meyers

Sumber : IDN Times Indonesia

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.