FJL Aceh akan Gelar Pelatihan Jurnalisme Data

Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh dengan dukungan International Visitor Leadership Program (IVLP) Award 2022 Pemerintah Amerika Serikat akan menggelar Pelatihan Jurnalisme Data untuk Jurnalis di Aceh. Kegiatan tersebut tidak dipungut biaya apapun.

Ketua Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh, Zulmasry mengatakan, pelatihan akan digelar selama empat hari. Sedangkan materinya dibungkus menggunakan kurikulum pelatihan jurnalisme data yang disusun oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.

“Jurnalis yang memenuhi syarat, boleh mendaftar pada link yang tersedia,” kata Zulmasry, di Banda Aceh, Senin, 23 Mei 2022.

Kegiatan pelatihan itu akan digelar pada 10-13 Juni mendatang. Adapun waktu pendaftarannya dimulai dari 23-28 Mei serta pengemuman lulus sebagai peserta, Selasa 31 Mei 2022.

Zulmasry menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan metode jurnalisme berbasis data. Kurikulum training disusun untuk memberikan pengalaman kepada peserta dalam menemukan, mengumpulkan dan menganalisis hingga mendapatkan cerita dari data.

Metode pelatihan, kata Zulmasry, menekankan pada pengenalan metode jurnalisme data melalui penggunaan teknologi digital untuk pencarian, pengolahan, analisis, dan visualisasi data hingga membangun cerita yang efektif juga aksesibel.

“Diharapkan dengan pelatihan ini, jurnalis di Aceh mampu menghasilkan karya jurnalistik mendalam dengan metode jurnalisme data. Sehingga bisa berkontribusi dalam mendorong perubahan kebijakan publik yang transparan dan akuntabel,” ujar Zulmasry.

Bagi peserta yang ingin mendaftar jadi peserta Pelatihan Jurnalisme Data untuk Jurnalis di Aceh, berikut link pendaftarannya:
Link pendaftaran

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

Berita Terbaru

Newsletter

Subscribe to stay updated.