Gempa Diikuti Tsunami Landa Jepang

Jepang bagian tengah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,5 pada Senin (1/1/2024) waktu setempat.


Badan Meteorologi dan Geofisika Jepang mengeluarkan peringatan tsunami hingga lima meter.

Gempa Jepang terjadi mulai pukul 16.06 waktu setempat (14.06 WIB) dengan besaran magnitudo 5,7 pada Senin (1/1/2024). Selang beberapa menit gempa kembali terjadi hingga paling besar berkekuatan magnitudo 7,5 pada pukul 16.10 waktu setempat di Prefektur Ishikawa.

Dikutip dari lembaga penyiaran nasional Jepang, NHK, di Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, teramati tsunami setinggi lebih dari 1,2 meter pada pukul 16.21.

Prefektur Toyama juga melaporkan adanya tsunami setinggi 80 sentimeter pada pukul 16.35. Sementara Kota Kashiwazaki, Prefektur Niigata juga teramati tsunami setinggi 40 sentimeter pada pukul 16.36.

Gempa Jepang ini terjadi beberapa kali dengan besaran magnitudo yang berbeda-beda. Karena itu, tsunami telah mencapai pesisir laut Jepang dan akan berulang kali melanda pantai hingga kemungkinan gelombang tsunami akan menjadi lebih tinggi. Dengan adanya tsunami tersebut, masyarakat yang berada di wilayah itu diimbau segera mengungsi atau segera melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi, atau jika berada di pantai maka harus segera pergi sejauh mungkin dari pantai. ()

Tulisan Terkait

Bagikan Tulisan

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.